src="https://www.facebook.com/tr?id=622205649718480&ev=PageView&noscript=1"

Interaksi antara pelanggan dan merek menjadi semakin penting untuk membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan di era digital yang semakin berkembang. Interactive marketing adalah salah satu strategi yang semakin banyak digunakan oleh bisnis untuk mencapai tujuan ini karena memungkinkan perusahaan untuk melibatkan konsumen secara langsung, yang memungkinkan komunikasi dua arah yang lebih dinamis dan personal. Artikel ini akan menjelaskan secara menyeluruh apa itu Interactive Marketing, kelebihan dan kekurangannya bagi bisnis dan bentuk-bentuk interactive marketing.

Apa itu Interactive Marketing?

Interactive marketing adalah strategi pemasaran yang menghubungkan pelanggan dengan bisnis secara langsung. Mekanismenya adalah pelanggan menyampaikan kebutuhan mereka secara langsung kepada pemilik perusahaan,  sehingga memungkinkan pemilik perusahaan untuk mengetahui dan mendengarkan kebutuhan pelanggan.

Konsep pemasaran semacam ini biasanya dilakukan melalui penyediaan layanan pelanggan, bantuan, dan sebagainya, sehingga pelanggan dapat memperoleh solusi dan informasi langsung saat mereka memiliki masalah atau pertanyaan. Ini memungkinkan bisnis untuk mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen secara langsung, sehingga mereka dapat meningkatkan produk dan jasa yang mereka tawarkan. Oleh karena itu, komunikasi langsung dengan pelanggan atau pengguna produk dan jasa dapat dianggap sebagai strategi interactive marketing. Melalui interaksi ini, perusahaan atau organisasi dapat mengetahui dengan baik bagaimana pengalaman pelanggan dilakukan.

Manfaat Interactive Marketing

  • Interactive marketing dapat membuat pelanggan merasa didengarkan. Strategi ini setidaknya dapat menyelesaikan keluhan pelanggan. Sehingga, layanan purna jual yang luar biasa membuat pelanggan tetap setia.
  • Strategi pemasaran seperti ini membantu perusahaan dalam membangun komunikasi yang disesuaikan dengan individu. Hal ini memberi kesan kepada pelanggan bahwa produk yang digunakan tersebut diperhatikan. Oleh karena itu, konsumen merasa nyaman dan percaya pada barang atau jasa tersebut.
  • Strategi pemasaran interaktif dapat membantu bisnis menemukan area yang lemah sehingga mereka dapat memperbaikinya untuk menjadi lebih baik lagi di masa depan. Dengan perbaikan ini, bisnis secara tidak langsung akan menjadi lebih baik dan lebih disukai oleh konsumen.

Kelebihan Interactive Marketing

  • Dengan menggunakan strategi ini, bisnis dapat lebih mudah memahami kebutuhan khusus pelanggan dan mudah untuk menemukan ekspetasi konsumen sepenuhnya jika ada komunikasi dua arah yang memadai.
  • Interactive marketing memungkinkan penjualan untuk meningkat dengan cepat karena keinginan pelanggan terpenuhi, yang secara tidak langsung dapat meningkatkan jumlah pelanggan.
  • Dengan strategi ini, perusahaan dapat menghemat lebih banyak uang untuk pemasaran karena metodenya lebih sedikit daripada pemasaran yang biasanya digunakan. Dengan demikian, dana dapat dialokasikan untuk tujuan lain yang lebih penting.

Kekurangan Interactive Marketing

  • Salah satu kekurangan dari strategi ini sekaligus masalah terbesar adalah kurangnya akses ke konsumen. Ini berlaku terutama jika bisnis menggunakan database yang tidak tersimpan secara langsung dengan data pelanggan. Sebagian besar pebisnis sering menghadapi masalah saat ingin memulai komunikasi yang lebih rinci tentang data pelanggan.
  • Meminta pelanggan untuk berkomunikasi secara langsung tidak mudah. Banyak pelanggan yang tidak ingin menghabiskan waktu untuk mengisi kuisioner, berbicara dengan layanan pelanggan, dan hal-hal lainnya. sehingga teknik ini seringkali tidak mencapai hasil yang diharapkan.

Bentuk-bentuk Interactive Marketing

  • Komunikasi dalam dua arah

Sebagian besar strategi pemasaran jenis ini memilih untuk menggunakan pendekatan komunikasi dua arah, yang melibatkan komunikasi aktif dari perusahaan ke pelanggan untuk mengetahui sepenuhnya keinginan dan ekspektasi pelanggan. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan layanan pelanggan atau menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan informasi dan harapan pelanggan tentang produk atau layanan tertentu.

  • Penceritaan yang Interaktif

Penceritaan interaktif adalah jenis yang banyak digunakan oleh perusahaan dalam pemasaran, yaitu dengan menggunakan cerita dan animasi dalam iklan. Dengan menggunakan metode ini, perusahaan dapat menjelaskan berbagai hal kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.

  • Konten yang Dipersonalisasi

Jenis selanjutnya adalah konten yang dipersonalisasi oleh perusahaan. Banyak pebisnis berusaha untuk membuat konten yang menceritakan tentang barang dan jasa mereka. Informasi tentang demografi dan kebiasaan konsumen yang dibidik dapat dimasukkan. Akibatnya, bisnis dapat menargetkan pelanggan yang lebih efektif.

  • Informasi Berlapis

Jenis marketing interaktif berikutnya yaitu dengan menggunakan informasi yang berlapis untuk konsumen. Sangat penting bagi bisnis atau perusahaan untuk memberikan informasi penting kepada konsumen mereka, sehingga informasi yang berlapis dapat membantu konsumen dengan benar tentang banyak hal.

Contoh Interactive Marketing

  • Call Center

Beberapa bank menawarkan layanan call center 24 jam sehari. Tidak hanya di bank swasta, tetapi juga di bank milik pemerintah hal ini dilakukan karena setiap bank ini jelas menyadari pentingnya layanan ini. Dengan menggunakan layanan call center sebagai bagian dari interactive marketing, setidaknya keluhan pelanggan akan dapat diselesaikan dengan cepat, dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bank tersebut.

  • Klaim Garansi

Banyak dari kita pasti tahu bahwa produk elektronik biasanya memiliki layanan pelanggan yang baik. Pelanggan dapat menghubungi beberapa kontak jika terjadi kerusakan atau memerlukan tindakan klaim garansi. Pelanggan dapat menghubungi melalui email, telepon, atau pesan. Melalui layanan ini, perusahaan secara tidak langsung membantu menjalin komunikasi interaktif dengan konsumen produk untuk menyelesaikan tantangan bersama. Meskipun hal ini terlihat remeh, ada keuntungan besar yang diperoleh perusahaan dari hal ini. Salah satunya yaitu memperoleh kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

Interactive marketing mencakup teknologi dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Ini adalah salah satu pendekatan pemasaran yang sangat relevan di dunia digital saat ini. Meskipun interactive marketing ini memiliki kekurangan, seperti kurangnya akses untuk menghubungi konsumen, interactive marketing ini juga memiliki keuntungan seperti peningkatan keterlibatan pelanggan dan pengumpulan data yang lebih baik. Dengan memahami berbagai jenis dan keuntungan Interactive Marketing, Anda dapat mulai memasukkannya ke dalam strategi pemasaran Anda untuk membangun hubungan yang lebih kuat dan interaktif dengan pelanggan.

WeCreativez WhatsApp Support
CS kami siap membantu anda..