src="https://www.facebook.com/tr?id=622205649718480&ev=PageView&noscript=1"

Promosi dari mulut ke mulut, juga dikenal sebagai Word of Mouth, masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif di era digital saat ini. Rekomendasi langsung dari pelanggan dapat memengaruhi kepercayaan calon pelanggan baru, meskipun mungkin terlihat sederhana. Namun, untuk benar-benar mengoptimalkan Word of Mouth, Anda harus memahami bagaimana itu dapat bekerja dan cara apa yang dapat Anda gunakan untuk mendorong lebih banyak orang untuk berbicara positif tentang brand Anda. Artikel ini akan membahas tentang apa itu Word of Mouth, manfaatnya bagi bisnis, dan cara efektif yang dapat Anda ambil untuk meningkatkannya.

Apa yang dimaksud dengan Word of Mouth?

Berbagi informasi dari mulut ke mulut antara orang yang sudah akrab dikenal sebagai “word of mouth”. Kegiatan ini sering digunakan dalam pemasaran untuk menarik perhatian pelanggan. Caranya adalah dengan menyarankan suatu kepada orang lain atau kelompok. Metode marketing mulut ke mulut cukup efektif untuk membangkitkan minat pelanggan karena informasi yang disampaikan berasal dari pengalaman orang yang dikenal. Karena promosi gratis, metode marketing ini memberikan keuntungan berlipat ganda bagi bisnis. Metode pemasaran ini bermula dengan seorang pelanggan yang sangat menyukai suatu produk. Setelah itu, pelanggan tersebut kemudian berbicara dan merekomendasikan produk tersebut kepada orang terdekatnya.

Keuntungan Word of Mouth

  • Media iklan non-resmi gratis

Orang lain akan terpengaruh oleh informasi yang disebarkan oleh masyarakat tentang suatu brand perusahaan. Tidak diragukan lagi, ini menawarkan keuntungan dalam hal promosi branding tanpa membutuhkan biaya apa pun, berbeda dengan strategi marketing lainnya yang membutuhkan biaya.

  • Meningkatkan citra perusahaan

Setiap bisnis pasti membutuhkan sebuah citra atau merek yang ingin dibangun untuk membuatnya lebih mudah dikenal oleh orang-orang. Word of mouth marketing adalah strategi yang tepat untuk membuat merek menjadi lebih terkenal dan terpercaya. Jika banyak orang percaya pada produk tersebut, brandnya akan secara otomatis lebih dikenal.

  • Meningkatkan kepercayaan konsumen

Word of mouth dapat membuat pelanggan percaya pada produk tertentu. Karena metode marketing biasanya dibagikan oleh pelanggan yang merasa puas setelah menggunakan produk Anda. Setelah mereka merasa puas, mereka akan semakin percaya pada produk dan merek Anda, dan bahkan akan menyarankan orang lain untuk membeli produk tersebut. Pada akhirnya, akan menyebar ke lebih banyak orang dan membuat orang percaya dengan barang-barang merek Anda.

  • Tidak Ada Batasan Ruang dan Waktu

Metode marketing ini tidak memiliki batasan ruang atau waktu untuk perantara media. Oleh karena itu, barang dan layanan perusahaan berpotensi untuk terus diperbincangkan di mana pun dan kapan pun.

Cara Meningkatkan Word of Mouth

  • Testimoni dari pelanggan

Salah satu faktor yang mempengaruhi minat pelanggan adalah ulasan yang dapat dipercaya dan nyata, yang berasal dari orang lain yang telah menggunakan produk Anda. Anda harus selalu bertanya tentang pendapat pelanggan setelah Anda menyediakan layanan yang layak dan sesuai dengan brand Anda. Tampilkan ulasan pelanggan pada toko online Anda di website atau sosial media.

  • Konten menarik di media sosial

Jutaan orang di seluruh dunia menggunakan media sosial hampir setiap detik. Nama brand perusahaan Anda akan dikenal secara otomatis jika konten Anda dapat memicu diskusi di media sosial. Untuk mendapatkan trafik, perusahaan Anda harus memiliki platform media sosial resmi dan keberadaan yang nyata. Sediakan sumber daya yang akan berfungsi sebagai penjawab dan persepon bagi pelanggan yang telah masuk ke media sosial Anda untuk mempertahankan hubungan yang baik dan mencegah kemungkinan pembelian melalui media sosial.

  • Jaga hubungan baik dengan konsumen

Setiap produk yang ingin mendapatkan loyalitas pelanggan harus selalu menggunakan metode ini. Mereka akan lebih mudah merekomendasikan merek kepada orang lain jika ada hubungan yang baik antara merek dan pelanggannya. Salah satu tindakan yang dapat diimplementasikan yaitu dengan menggunakan Chatbot yang memungkinkan untuk memberikan respons otomatis di luar jam kerja bisnis. Ini adalah cara untuk membangun dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

  • Buat kampanye yang mendorong pembaca untuk berbagi konten

Kampanye seperti ini biasanya menggunakan video, foto atau artikel yang menarik untuk memicu orang untuk berbagi. Selalu berupaya membuat konten yang menarik bagi orang untuk berbagi dan mempromosikan merek Anda, karena semakin banyak orang yang berbagi konten dengan mengatasnamakan brand Anda, semakin tinggi ranking situs Anda di search engine dan jumlah keywords yang muncul di postingan atau situs web bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu berusaha untuk memungkinkan hal ini terjadi.

Menciptakan barang atau layanan yang luar biasa adalah bagian dari mengoptimalkan Word of Mouth. Ini juga berarti membangun pengalaman pelanggan yang luar biasa dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Ketika pelanggan merasa puas dan terhubung dengan brand Anda, mereka lebih cenderung untuk menyarankan kepada orang lain. Strategi Word of Mouth yang tepat dapat membantu Anda meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperluas jangkauan bisnis Anda secara organik.

WeCreativez WhatsApp Support
CS kami siap membantu anda..